Selasa, 25 Februari 2014

UCEO INSPIRED MINDSET TO GROW

Salam Entrepreneur….
Setiap orang yang sedang menjalankan usaha, pasti ingin usahanya bertumbuh. Untuk bertumbuh tentu saja perlu cara yang ampuh. Ternyata hal terpenting sebagai bagian dari cara terampuh dalam membangun usaha untuk bertumbuh adalah kesadaran dalam membangun mindset (pola pikir) untuk bertumbuh. Mindset untuk bertumbuh terkadang tidak semua orang dapat meyadarinya. Memang, ada orang yang tidak siap jika diberi tantangan. Orang seperti ini jangankan berpikir untuk bertumbuh, memulai usaha saja mungkin saja dia tidak akan mau. Ada juga orang yang mau memulai usahanya, tetapi sampai batas pertumbuhan tertentu yang dapat ia raih lalu ia berhenti. Pada saat menghadapi tantangan baru untuk terus bertumbuh mungkin saja ia takut dan merasa nyaman dengan kondisi saat ini sehingga kesadaran untuk bertumbuhpun berhenti pada saat itu. Dan ada juga orang yang memiliki kesadaran untuk terus bertumbuh, karena keinginan dan kebutuhan itu terus berkembang, maka ia berusaha untuk terus menumbuhkan usahanya.
Kasadaran mengubah pola pikir untuk bertumbuh adalah sebuah sikap mental yang harus ditempa, disadari dan diberi pupuk secara kontinyu agar kesadaran itu terus tumbuh memberi arah kepada cara berpikir kita dalam menjalankan usaha. Saya berterima kasih kepada seluruh pemberi materi dalam UCEO online pada sesi mindset di minggu ke 1. Sungguh, materi tersebut membangunkan dan menyadarkan pikiran saya serta memberi arah kepada cara berpikir saya untuk senantiasa memiliki kesadaran bertumbuh dalam menjalankan usaha.
Pelajaran yang di dapat dari Pak Ciputra bahwa pertumbuhan usaha yang kita jalani tidak selalu diawali dengan modal besar dan pengetahuan yang banyak, tetapi pertumbuhan usaha kita dapat berkembang secara step by step karena kita bekerja secara sistematis, punya rencana dan memliki keyakinan dan perhitungan yang tepat untuk bertumbuh dengan didasari oleh integritas, profesionalisme dan entrepreneurship.
Kita juga mendapat pelajaran yang dari Pak Dahlan Iskan bahwa sungguh-sungguh yang bernilai 24 karat yang ditandai dengan fokus dalam bekerja dengan ciri menekuni benar-benar bisnis yang sedang dijalani sampai betul-betul menguasai dan menjiwai, dapat mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan usaha kita. Kesungguhan pada akhirnya akan menggiring kita untuk menemukan pintu jalan keluar.
Demikian pula pelajaran yang didapat dari Pak Sudhamek mengajari kita bahwa prinsip utama agar usaha kita dapat berumbuh adalah bagaimana kita dalam start up bisnis kita ditopang oleh selling yang baik, karena selling yang baik memudahkan kita untuk bertumbuh.
Pelajaran yang didapat dari Pak Sandiago Uno bahwa bisnis akan tumbuh apabila kita berusaha untuk mengubah mindset menuju mindset bertumbuh, kita harus berani keluar dari comport zone (zona nyaman) untuk menghadapi tantangan bertumbuh dan kita harus memiliki inovasi sebagai modal untuk scale up bisnis kita.
Pelajaran yang didapat dari Pak Antonius Tanan dengan merujuk kepada teori yang disampaikan dari textbook Understanding The Entrepreneurial Mind mengajari kita bahwa kehendak bertumbuh yang lebih besar dibangun dari seberapa kuat keinginan untuk bertumbuh beriringan dengan kekuatan kelayakan sumber daya yang dimiliki. Kekuatan keinginan ditumbuhkan dengan inspirasi sedangkan kelayakan diperbesar dengan menambah informasi yang ingin anda lakukan dan ilmu yang ingin anda lakukan untuk lebih layak.
Pun demikian pelajaran yang didapat dari Pak Nur Agustinus dengan merujuk kepada teori yang disampaikan dari buku Change Your Mindset, Change Your Life yang dikarang oleh Carol S. Dweck mengajari kita bahwa ada dua jenis mindset. Pertama adalah mindset yang bersifat tetap atau fixed mindset, dan growth mindset. Orang yang memiliki growth mindset memiliki mindset untuk bertumbuh di mana dia terus menerus ingin belajar, selalu ingin mencoba, dan memiliki kualitas untuk selalu menempa dirinya menjadi lebih baik, dan lebih baik. Orang yang memiliki growth mindset senantiasa berusaha untuk berubah ke arah yang lebih baik, mengembangkan sikap berani mengambil resiko. secara terukur dan berani untuk mengubah ke arah yang lebih baik.
Saya merasa, bahwa apa yang disampaikan oleh para pakar bisnis ini sungguh sangat menggugah. Benar apa yang disampaikan oleh Pak Antonius Tanan bahwa untuk bertumbuh diawali dengan menumbuhkan mindset (pola pikir) diri sendiri. Kita selama ini terkadang tidak bisa bertumbuh karena penyangkalan oleh diri sendiri. Contoh nyata yang sering kita dengar misalnya, kita berkata kepada Sia A yang sudah memiliki usaha, “Usaha Anda sangat bagus prospeknya dan anda bisa scale up bisnis”. Mungkin jawaban si A, “Scale up bisnis gimana, masalah yang dihadapi hari ini saja repot” atau mungkin si A berkata, “Ah, cukup sajalah, begini juga saya sudah enjoy”. Inilah contoh cara berpikir dengan penyangkalan.
Memang, penyangkalan dalam pikiran kita merupakan karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia agar manusia tidak stres berat menghadapi persoalan hidup yang begitu kompleks, tetapi penyangkalan terhadap gagasan untuk bertumbuh adalah sesuatu yang berbahaya. Akan lebih bertumbuh jika si A menjawab, ”Oh ya, saran apa yang bisa anda berikan untuk scale up bisnis saya”.
Dari hasil refleksi saya, maka saya ingin berbagi kepada onliner. Saya tersadarkan bahwa pernyataan sikap kita saat ini adalah produk dari mindset yang sudah terbentuk pada masa lalu plus informasi/gagasan hari ini plus persetujuan dari emosi (kecenderungan perasaan) kita. Contoh, Mindset masa lalu kita mengatakan “Bisnis itu penuh dengan resiko yang membuat kita bisa gagal’. Hari ini kita mendapat informasi/gagasan baru “Untuk bertumbuh kita harus berani mengambil resiko yang terukur, berani mengubah”. Jika emosi kita tidak menyetujui gagasan baru tersebut maka penyataan sikap kita adalah mungkin “Jangan terlalu berani mengambil resiko dalam bisnis, nanti ujung-ujungnya gagal”. Sebaliknya jika gagasan baru tersebut disetujui maka penyataan sikap baru kita misalnya adalah “Ya, berbisnis selalu diiringi resiko. Berubah dengan meminimalkan resiko lebih memberi peluang bisnis untuk bertumbuh”. Dan, terbentuklah mindset baru karena mindset masa lalu telah diubah oleh sikap mental baru yang menjadi keyakinan baru.
Jadi, dalam membangun mindset untuk bertumbuh, kabar baiknya adalah carilah informasi baru, inspirasi baru atau gagasan-gagasan baru lalu renungkanlah dengan penuh perasaan yang bijaksana, maka pada akhirnya akan terlahir mindset baru yang bertumbuh. Dan, informasi baru, inspirasi baru atau gagasan-gagasan baru sumbernya ada di UCEO online. Salam untuk UC Onliner….

1 komentar:

  1. Sip!
    Tulisan ini pasti makin indah kalau diberi space antar paragraf.
    Salam entepreneur!

    BalasHapus